Diving Seru Hanya Bisa Di Lokasi Wisata Ini!

02/26/2020


Para pencinta wisata bawah laut pasti selalu mencari lokasi terbaik untuk menikmati kehidupan flora dan fauna bawah laut. Tak perlu jauh-jauh ke Australia atau Brasil karena Indonesia juga punya spot diving terbaik yang juga diakui dunia lho! Bahkan terjamin kealamiannya karena dilindungi oleh pemerintah dan keindahannya masih sangat "perawan". Berikut ini daftar lokasinya menurut mediawisata .

6 Lokasi Wisata Diving Terbaik Milik Indonesia

Alasan sebuah pantai jadi lokasi diving terbaik adalah kejernihan airnya, kebersihan, keberagaman satwa yang ada dan keamanan selama menyelam. Dan enam lokasi berikut ini sudah memenuhi kriteria tersebut.

1. Maluku Utara (Pulau Morotai)

Di lokasi ini terdapat setidaknya 25 spot terbaik yang jadi favorit para pencinta diving. Di antaranya Saminyamau, Dodola point dan Tanjung Sabatai Point. Walaupun merupakan salah satu pulau di bagian luar Indonesia. Namun antusias orang ke Morotai terus meningkat, karena daya tarik lautnya yang masih sangat alami.

Selain melihat satwa bawah laut, Anda juga bisa menyaksikan bukti sejarah peperangan Jepang dan Indonesia, karena pada kedalaman 40 meter masih terlihat sisa jeep, hingga bangkai pesawat Jepang yang dulu sempat tersohor di dunia namanya Bristol Beuford. Anda pastinya tak akan lupa untuk mengabadikan momen tersebut dengan kamera kesayangan.

2. Papua Barat (Raja Ampat)

Nama Raja Ampat makin tersohor saja saat ini, bukan saja karena keindahan alamnya yang jauh dari campur tangan manusia, juga karena kehidupan bawah lautnya yang mempesona. Tak salah jika banyak situs travel dunia menjadikannya lokasi diving terbaik dunia saat ini. Tercatat ada 10 lokasi diving berstandar internasional yang ada di pulau tersebut.

3. Sulawesi Utara (Bunaken)

Sejak puluhan tahun lalu Bunaken memang sudah terkenal sebagai lokasi diving yang menyenangkan. Bahkan hingga saat ini masih terjaga keindahannya, dengan sekitar 390 spesial koral yang hidup bebas di sana, bersama reptil, bintang laut, dan ribuan ikan dari berbagai spesies.

Keindahannya kian sempurna karena berada di kawasan segitiga emas yang merupakan penghubung tiga lautan yaitu Papua, Indonesia dan Filipina. Jadi tak salah jika liburan Anda berikutnya ditujukan untuk menguak keindahan Bunaken yang sudah melegenda itu.

4. Sulawesi Tenggara (Wakatobi)

Mau ketemu penyu-penyu unik dan langka? Wakatobi tempatnya. Salah satu lokasi diving terbaik di Indonesia berikutnya, yang menjadi tempat hidup penyu lekang, sisik, dan tempayan yang sudah sulit ditemukan di lautan lain. Ada juga 112 jenis karang yang indahnya luar biasa, 750 spesies dari koral dan 93 jenis ikan dengan berbagai ciri khasnya masing-masing.

5. Kalimantan Timur (Derawan)

Ada 31 pulau berdekatan yang terletak di kepulauan Derawan ini, dan beberapa diantaranya jadi lokasi idiving yang recommended. Karena lautnya yang masih sangat alami, bersih dan pemandangan sekitar pulau yang menakjubkan. Sambil menyelam Anda akan bersua ubur-ubur tak bersengat yang siap menemani perjalanan meluhat hampir 1000 spesies ikan dan karang.

6. Bali (Padang Bai)

Lautan biru yang terhampar luas dengan sejuta kejutan bawah lautnya siap membuat liburan Anda tak terlupakan. Di sana terdapat beberapa spot diving ternama dan jadi favorit penyelam kelas dunia. Sebut saja Tanjung Bungsil, Blue Lagoon, Jepun dan Padang Bay. Ada juga spot untuk fotografi di bagian dermaga tempat ratusan flora dan fauna laut lalu lalang dengan leluasa.

Sungguh menyenangkan bisa mengeksplorasi langsung keindahan lokasi diving terbaik di Indonesia ini. Tak akan cukup waktu sehari untuk jadi "manusia air" dan bercengkrama dengan fauna dan flora yang ada. Jangan lewatkan jika Anda punya kesempatan mengunjungi tempat-tempat tersebut, karena tak akan menyesal setelah membuktikan langsung bahwa Indonesia kaya akan lokasi wisata sempurna.